Baronda Kalauli
     4330

Baronda Kalauli

News     4330

Musim penghujan yang biasanya menghiasi akhir dan awal tahun kali ini benar-benar tidak berlaku di Ambon Manise, guys.
Kemarau panjang cukup membuat kota Ambon menjadi langka akan air bersih.
Sumur-sumur dan beberapa sumber mata air mengering. Syukurlah ada satu dua hari hujan turun untuk sekedar membasahi tanah kami tercinta ini.

Nah, cuaca panas gini memang cocoknya nyari yang segar-segar, guys.
Yup, kali ini Baronda Ambon explore sebuah air terjun yang terletak di Dusun Kalauli, Desa Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah.

Ada dua jalan untuk mencapai Dusun Kalauli dari kota Ambon.
Dengan menggunakan sepeda motor atau mobil selama kurang lebih 90-120 menit, kalian bisa melewati jalan menanjak dan berliku di Durian Patah hingga tiba di Negeri Hitu, kemudian belok kiri melewati Negeri Wakal, Hila, dan kemudian sampai di Negeri Kaitetu.
Atau bisa juga melewati jalur Laha, namun jalur ini memakan waktu yang cukup lama karena jaraknya menjadi lebih jauh.

Setibanya di Dusun Kalauli, 
Kalian bisa bertanya kepada warga sekitar tentang jalur treking menuju air terjun. 
Jika kalian pergi di hari libur, maka treking menuju air terjun akan ditemani oleh anak-anak kampung yang juga ingin bermain air disana.

Jalur treking cukup ekstrem nih guys. Jadi, kalian disarankan memakai alas kaki yang tepat, karena akan melewati beberapa anak sungai, menaiki bebatuan yang cukup besar, serta berjalan di pinggir jurang.

Perbekalan menjadi hal wajib yang kalian bawa, karena setibanya disana, kalian pasti akan cukup kelelahan hingga kelaparan.

Tapi tenang aja guys, kesegaran air terjun dan keramahan anak-anak kampung Dusun Kalauli ini akan membayar semua kelelahan trekingmu.
Tebing air terjun yang tidak terlalu tinggi mengundang nyali anak-anak kampung untuk memanjat tebing yang dijatuhi air kemudian terjun bersama air yang segar.
Wow, tanpa takut, anak-anak itu kembali memanjat dan melompat dari atas tebing berulang kali.

Suasana di lokasi air terjun yang berada di tengah hutan menjadi tempat paling teduh untuk makan siang dengan kawan-kawan dan beristirahat sejenak mengumpulkan kembali tenaga untuk melewati perjalanan panjang kembali ke tengah kota.

Tapi jangan lupa ya guys, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak.
It means, bawa kembali sampah-sampahmu untuk dibuang pada tempatnya.
Kalo bukan katong yang kalesang, siapa lai?

Sampai jumpa di trip Baronda Ambon selanjutnya./ NonaMuthia

 

Related News

Comments

Jl.Anthony Rhebok No.17 A Ambon, Kecamatan : Sirimau , Kelurahan : Honipopu Kode Pos 97126 Email : Barondaambon@gmail.com

Kontak

Vander : +62853-4432-4432

 

Back to Top