Surga di Timur Indonesia
    

Surga di Timur Indonesia

News     

Beberapa bulan yang lalu, tepat tanggal 19 Januari 2016 aku menghabiskan waktu libur semester dengan jalan-jalan ke Maluku Tenggara, Tual. sebenarnya selain jalan-jalan aku juga berkunjung ke papa kebetulan papa aku sedang bertugas disana. dan itu adalah sebuah kebetulan yang menyenangkan *hehe . Transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Maluku yaitu Pesawat dan Kapal Laut. nah, untuk ke maluku tenggara kita harus transit dulu di Ambon, barulah lanjut dari Ambon ke Tual. okai jadi Dari Jakarta aku naik pesawat dari Bandara Halim Perdana Kusuma tujuan Bandara Pattimura Ambon. Perjalanan Jakarta - Ambon memakan waktu 3 jam 30 menit, okai bisa dibayangkan ini lumayan yah untuk perjalanan lintas pulau. sekitar jam 11.00 WIT aku tiba di Bandara Pattimura Ambon, kemudian aku pindah pesawat untuk tujuan ke Tual. pesawat untuk tujuan ke maluku tenggara dan papua rata-rata pesawat baling-baling dan ukurannya juga sangat kecil. sempat takut sih waktu menaikinya tapi ya sudahlah.

Dari Ambon menuju Tual kira-kira 1 jam 25 menit, lumayan yahh. ketika hampir mendekati tual aku benar-benar disambut dengan gugusan pulau-pulau yang bagus sekali, ada 1 pulau yang sangat aku suka bentuknya.

Tibalah aku di Bandara Tual, disana udah ada kaka aku yang menjemput. bandaranya cukup kecil dan tidak begitu ramai. setelah mengambil bagasi kita menuju rumah. sepanjang perjalanan aku mendapati suasana yang tenang, jalanan sunyi gak adalagi kemacetan gak adalagi polusi yang berlebihan, sejenak tarik napas dan berkata " jakarta, sampai jumpa nanti ya ". di Tual menurut aku masih sangat banyak hutan dan itu adalah anugrah saat di jakarta banyaknya gedung maka di tual itu tidak berlaku. 1 kata untuk first imperessions aku terhadap Tual adalah " Menyenangkan ".

Dengan tujuan berlibur menghilangkan segala penat, pantai adalah destinasi yang dapat merealisasikan tujuan aku, dan memang di Tual sana kaya akan Pantai. Pantai pertama yang aku kunjungi adalah Pantai Ngurbloat atau biasa orang menyebutnya Pantai Pasir Panjang.

1. PANTAI PASIR PANJANG

Pantai ini memang tidak membohongi nama dan julukan, pantai ini di juluki pantai dengan pasir terhalus di Asia, sesuai namanya pantai ini memiliki hamparan pasir yang Luas dan Panjanggg !!!

Pantai Pasir panjang, Tual

sebelum menuju pantai ini aku melewati jalan yang lumayan jika ditempuh dengan motor, tapi tenang gak macet kok. sesampai disana aku di sambut dengan hamparan pasir panjang, nah sebelum menikmati pantai ini kamu harus membayar uang masuk sebesar 20.000 untuk mobil dan 10.000 untuk motor. di sekitar pantai juga ada rumah-rumah penduduk. di sepanjang pesisir pantai juga disediakan gazebo-gazebo dari bambu dan harus kamu ketahui ini adalah the best place untuk menikmati sunset !! kerennn !!

 2. PANTAI OHOILILIR

Pantai Obililir, Tual

Sekarang kita pindah ke pantai selanjutnya yaitu Pantai OHOILILIR, pantai ini menurut aku sama saja seperti pantai lain layaknya, lokasinya bersebelahan dengan pantai pasir panjang. di sini juga sama bagusnya dengan pantai pasir panjang hanya saja saat aku kesana cuaca kurang mendukung jadinya yah kurang bersih karna banyak rumput laut yang menepi karna dibawa arus. tetapi ini tetap jadi destinasi recomended untuk kalian pecinta alam, haha. oia btw di foto-foto aku ini aku gak menikmati air lautnya jadi mungkin kurang greget -.-.selain menikmati pemandangan, dibelai angin sepoi-sepoi, melihat cantiknya nyiur hijau melambai aku juga menikmati buah kelapa muda yang langsung dari pohonnya, yeeaayy !!

3. GOWA HAWANG

Destinasi selanjutnya adalah Goa Hawang, salah satu destinasi ini juga jangan kamu lewati kalau berkunjung ke Tual yah, Goa hawang ini jaraknya lumayan jauh dari langgur, sekitar 15 km. tetapi jaraknya gak akan mengkhianati kecantikan goa hawang ini kok. airnya jernihhhhh banget dan sejuk, tetesan air yang jatuh dari bebatuannya juga menambah daya tarik di gowa ini. Goa hawang sendiri jika di artikan namanya ke dalam bahasa indonesia berarti Goa Arwah, dimana disana memiliki mitos banyak arwah yang menempati tempat tersebut, tetapi tenang aja, selama kita sopan dan tertib semuanya akan aman dan menyenangkan. perjalanan ke sana aku tempuh dengan motor, dengan motor kita bisa sepuasnya menikmati pemandangan sepanjang perjalanan.

pemandangan disepanjang jalan menuju Gowa Hawang

4. PULAU BAIR

View dari atas salah satu tebing di Pulau Bair

MY FAVORITE !!! yeahh , ini destinasi yang paling menakjubkan menurutku. Pulau Bair ini dikenal juga Raja Ampatnya Maluku. air lautnya yang tenang di bumbuhi tebing-tebing cantik, Perfect !! untuk ke tempat ini kalian harus menyebrang lautan karena pulau bair ini terpisah dengan kota tual, transportasi yang bisa kalian gunakan adalah spitboat, harganya sekitar 300-500 ribu.

perjalanan menuju pulau bair

sepanjang perjalanan kamu akan ditemani dengan hamparan laut yang luas dengan sedikit ombak yang menambah serunya perjalanan kamu, jangan lupa pakailah sunblock jika kamu memang merasa butuh.

Pak Edo, Pengemudi Spit yang aku tumpangi

tak cukup rasanya jika aku hanya berkata ini keren, indah, perfect. semua yang aku lihat dan rasakan saat itu lebih dari kata keren, indah dan perfect. kamu bisa merasakan ketenangan jiwa yang luar biasa di tempat ini karena Pulau Bair ini belum terlalu ramai pengunjung. di dasar lautnya terdapat banyak sekali terumbu karang yang cantik. oia, jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman karena disini gak ada yang jualan hehe.

5. BUKIT MASBAIT

untuk sampai ke puncaknya kamu diharuskan mendaki kecil-kecillah karena tracknya ga bisa dilalui dengan kendaraan. di bukit masbait ini terdapat patung Jesus Kristus, patung ini sebagai simbol bahwa kota tual dan sekitarnya selalu dalam lindungan Jesus Kristus, selain patung Jesus, terdapat juga berbagai patung lainnya disana. ingat bersikaplah sopan dan tertib dimanapun tempat yang kamu kunjungi.

 

Itulah perjalanan jalan-jalan aku di Kota Tual, Kota tual adalah kota yang cantik dan tenang menurut aku, masyarakat disana juga baik-baik terhadap orang lain sekitaran 2 minggu aku di sana rasanya gak mau balik lagi ke Jakarta hehe. oiya di tual luamyan mahal harga barang-barangnya mungkin karena stock yang masuk ke sana juga ga banyak. selama di tual aku ga pernah merasakan macet, menyenangkan. anyway, di Tual panasnya pake defenisis banget, kulit aku menghitam banget dalam waktu 3 hari aja di sana dan kulit wajah aku mengelupas  hahaa, sangking panasnya aku waktu itu baru selesai mencuci pakaian aku kemudian langsung ingin ku jemur, dan di luar itu luar iasa panasnya, mata aku ga bisa kebuka karena teriknya matahari dan slusinya adalaha aku menjemur sambil mengenakan kacamata ribben atau kacamata gelap. untuk  teman-teman ingat selalu untuk tetap sopan dan tertib yah dimanapun tempat yang kalian kunjungi, jaga kebersihan dan jaga mulut dari kata-kata kotor. terimakasih telah membaca tulisan ini. (Intan Kartika Dewi)

 

Related More

Comments

Jl.Anthony Rhebok No.17 A Ambon, Kecamatan : Sirimau , Kelurahan : Honipopu Kode Pos 97126 Email : Barondaambon@gmail.com

Kontak

Vander : +62853-4432-4432

 

Back to Top